Jumat, 01 Februari 2019

Nice Home Work 1 Adab Sebelum Ilmu


Bissmillahirrahmanirahiim....

Tiba saat nya NHW 1 (nice home work)
Dengan materi adab dan ilmu, fiuu... 
Agak shock dan berpikir melihat pertanyaan no 1 untuk menentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini, seperti bertanya kembali dan menelusuri kembali atas apa yang telah saya lewati berpuluh puluh tahun ini, apa? Berpuluh puluh tahun? Iya... berapa ribuan hari terlewati hingga berada pada titik ini, titik dimana saya belum bisa menjadi diri saya apa adanya. Seperti harus menata ulang kembali tujuan saya di universitas kehidupan.
Akhirnya jurusan ilmu yang ingin saya tekuni di universitas kehidupan 
Kembali ke tujuan awal mengikuti kuliah di iip adalah... 
" ibu bahagia lillahi ta'ala" 
Yang bisa membersamai keluarga dan mencetak generasi anak anak sholeh dengan cara yang tepat bisa berdaya buat diri sendiri hingga bisa bermanfaat untuk sekitar" Lebih tepatnya menjadi insan mulia. 
Alasan terkuat apa yang anda miliki hingga ingin menekuni ilmu tersebut? 
Dulu saat saya masih single lillah sepertinya menikah adalah hal yang membahagiakan, tapi ternyata tak semudah yang dibayangkan, tak segampang yang dipikirkan, cobaan cobaan datang disamping kebahagiaan pun datang, semakin hari semakin ruwet dengan segudang aktivitas yang bejibun namun dipandang aktivitas biasa saja, aktivitas yang dipandang sebelah mata, katanya jadi ibu rumah tangga itu kerjaan nya sepele. Padahal masha Allah butuh ilmu yang luar biasa dalam. Sehingga saya mengalami titik kemunduran dalam menjadi seorang ibu juga seorang istri, mengalami titik stuck bahkan mengalami perasaan perasaan kacau, Astagfirullah.. Padahal menikah dan berumah tangga itu adalah ladang ibadah sebenar benar nya dalam kehidupan. Saya ingin menyempatkan kesempatan ibadah ini dengan sebenar-benarnya. Padahal keridhaan Allah akan surga untuk seorang istri itu ada pada ridho suami, dan kebahagiaan keluarga ada pada kebahagiaan ibu dalam menjalankan perannya. Maka dari itu saya ingin mempelajari ilmu nya dan mempraktekanya semata mata menjadi insan mulia rahmatan lil aalamin..yang Allah ridhoi. (Dream!) 


Strategi menuntut ilmu yang akan saya rencanakan di bidang ini adalah pertama secara personal membersihan hati dan pikiran memantapkan hati mencari ilmu karena semata mata hanya untuk ibadah, untuk menjadi insan mulia, manusia bermartabat  manusia yang bahagia dunia akhirat.  membulatkan tekad dan niat saya untuk senantiasa melakukan yang terbaik, melakukan apa yang saya suka demi menjaga kewarasan seorang ibu, misal saya suka photography, terkadang masak, berbisnis, atau mungkin menulis. Pesan suami lakukanlah asalkan sesuai dengan syariat agama.
Secara eksternal saya akan berusaha mendalami literasi, agar saya bisa lebih memahami dalam hal membaca dan menulis, bagaimana cara bisa mudah membaca serta menangkap dan memahami, juga bagaimana saya bisa menuangkannya kembali dalam bentuk tulisan Bisa menyampaikan kembali. 
Berkumpul dengan komunitas untuk saling menguatkan disaat lemah bertukar informasi. Mengikuti kajian atau kelas baik online atau offline. 
Meluangkan waktu untuk membaca buku dan mentargetkan buku yang akan dibaca. 
Berserah diri kepada Allah.. Memohon keridhaaan. 


Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap yang harus diperbaiki dalam menuntut ilmu? pertama ikhlas dan sabar  dalam menuntut ilmu sebelumnya saya selalu mengharapkan lebih kalau bahasa sundanya "poktorolong" Ingin segera menghasilkan sesuatu, ingin segera mencapai titik tertentu. Padahal hal tersebut harus dihindari. 
Kedua merasa "sudah tahu" Sehingga saya menyepelekan dan melewatkannya begitu saja. Saya harus belajar mengosongkan gelas.. membersihkan pikiran bahwa ilmu yang telah saya terima sebelumnya bisa saja berbeda dengan yang skrg. 
Ketiga berusaha untuk tidak mudah putus asa, kalo bahasa sundanya anu keyeng tangtu pareng, ternyata sebelumnya saya kurang tekun, ga rajin, dan mudah bosenan, 
Keempat selalu dan meminta petunjuk dalam keberkahan ilmu, ya Allah point penting jauh dulu sejak saya mulai menuntut ilmu, doa yang saya lakukan hanya sekedar ritual atau suruhan guru kelas saja tanpa memahami maksudnya tanpa meminta petunjuk dari sang memiliki ilmu. Orientasi ilmu hanya untuk mendapatkan ranking atau kelulusan semata. Ya Allah semoga mulai saat ini saya bisa mencari ilmh dengan sebaik baiknya aamiin.. 



Alhmdulillah selesai NHW 1 semoga tulisan hasil bertapa berminggu-minggu ini menjadi bahan pembelajaran buat saya untuk mau terus belajar. Tak lain semata karena kedua buah hatiku yang selalu memotifasi yang menjadi tantangan, yang menguras pikiran bunda sehari hari... Untuk tetap kuat, semangat lalu bahagia dunia akhirat. 
Bissmillahirrahmanirahiim....

#Bandung1MIIP7 #matrikulasiiipbatch7 #MatrikulasiIIPBatch7 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar